Strategi Jokowi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Di Tengah Ancaman Perlambatan Global

BOGOR. Presiden Joko Widodo meminta para menteri agar mempercepat belanja kementerian dan lembaga untuk mengantisipasi pelemahan ekonomi global. Dengan percepatan belanja, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya saat ini ekonomi dunia dinilai masih mengalami ketidakpastian dan dapat menekan perekonomian Indonesia.

"Dalam situasi sekarang, percepatan kita membelanjakan anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin jadi sebuah pengungkit bagi meredupnya ekonomi global," ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Selasa (11/2). 

Jokowi melanjutkan, saat ini, kondisi ekonomi global sedang tidak bersahabat. Selain itu, penyebaran virus corona dikhawatirkan akan berpengaruh pada ekonomi global.

Oleh karena itu, belanja kementerian dan lembaga diharapkan dapat mendongkrak konsumsi dalam negeri. Terlebih lagi program yang berkenaan langsung dengan masyarakat.

"Kementerian sosial telah membelanjakan PKH itu akan sangat membantu. Dana desa itu bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa daya beli konsumsinya juga akan tidak terganggu," jelas Jokowi.

Belanjan yang berkaitan dengan belanja modal langsung diharapkan segera direalisasikan. Jokowi meminta hal tersebut dilakukan sebelum akhir Februari.

Sumber: kontan

.

Postingan Terkait

.

Komentar

Detail Post

Tanggal Publish

12 February 2020 11:30WIB

Kategori

News