Perkuat Sektor Kuliner Prov. Bengkulu Ansoruna Business School PP GP Ansor Gelar Kursus Kuliner

Ansoruna Business School bersama PW GP Ansor Bengkulu mengelar Kursus Kuliner dengan tema Kreasi Jajanan Jepang di Hotel Sinar Dunia Kota bengkulu tanggal 6-7 September 2019. kegiatan tersebut diikut sebanya 30 peserta yang berasal dari 10 (sepuluh) PC Ansor Prov. Bengkulu dimana terdapat peserta yang sudah menjadi anggota Koperasi maupun calon anggota Koperasi. Kursus Kuliner Keasi Jajajan Jepang dilaksanakan memalui kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM melalui kegaiatan Pelatihan Vocational bagi Koperasi Produktif. Pelaksaan Kursus Kuliner Kreasi Jajanan Jepang, Ansoruna Business School menghadirkan Trainer Chef Eka Wijaya Padang yang berpengalaman dan memiliki sertfikat internasional.

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Ketua PW Ansor Bengkulu, Kementerian Koperasi & UMKM dan Sekretaris Dinas Koperasi Prov. Bengkulu. Sambutan dimulai oleh Ketua PW Ansor Bengkulu, beliau menyampaikan bahwa salah satu metode distribusi kader ansor banser di prov. Bengkulu yang jumlahnya 8.000 diantaranya melalui peningkatan softskill dibidang kuliner. Kreasi Jajanan Jepang dapat menjadi pendombrak peningkatan ekonomi kader ansor banser bahkan PAD Prov. Bengkulu, sehingga pasca dari kursus kuliner ini peserta diharapkan terjun kedalam bisnis kuliner di tempat asalnya masing-masing "ujarnya".

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan Deputi Pengembangan SDM Kemenkop & UMKM bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mendorong penciptaan lapangan kerja baru bagi anggota koperasi maupun calon angggota koperasi utusan PW Ansor Bengkulu. kegiatan ini terlaksana melalui kerjasama yang telah berlangsung selama 2 (dua) tahun dengan Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi & UMKM. Selanjutnya sambutan dan sekaligus membuka Acara oleh Sekretaris Dinas Koperasi Prov. Bengkulu, diselah pidato beliau menyampaikan sambut baik kepada PW Ansor Bengkulu turut berpartisipasi dalam peningkatan kapasitas SDM disektor Kuliner yang sejalan dengan tema pembangunan indonesia dan mengajak PW Ansor Bengkulu berpartisipasi melalui pengiriman utusan PW Ansor Bengkulu ke balai pelatihan koperasi dan mengajak PW GP Ansor Bengkulu untuk mendirikan Koperasi Produksi atau Koperasi Konsumen.

Kursus Kuliner Kreasi Jajanan Jepang pada sesi siang hari, Chef Eka memulai dengan membuat Donat Mochi (non gluten) yang sehat untuk dikonsumsi bagi anak autis dan Donat Mochi tersebut dibuat dengan berbagai varian. selain Donat Mochi, Chef Eka juga memberikan materi Soft Donat dengan metode kukus yang memberikan citarasa dan kelembutan khas. Pada sesi malam hari, Chef Eka melanjutkan materi dengan pembuatan Saos Sushi yang menjadi ciri khas dalam membentuk cita rasa Sushi yang akan di pelajari esok hari (minggu, 7/9/19).

Kreasi Jajanan Jepan yang berlasung semala 2 (dua) hari, dimana sesi terakhir, Chef Eka memberikan materi praktek pembuatan Sushi dengan berbagai macam rasa diantaranya Crab Sushi, Jagung maupun dalam bentuk Burger Sushi. Peserta sangat antusias mengikuti kursus kuliner, dimana peserta mencoba melakukan kreasi warna dan desain yang cukup menarik dalam penyajian Sushi. Sementara diakhir acara Ansoruna Business School memberikan hadiah kepada peserta yang paling kreatif.

Sebelum penutupan Kursus Kuliner Kreasi Jajanan Jepang, peserta menyampaikan pesan dan kesan. Salah satu peserta mengeluhkan terdapat beberapa bahan pembuatan Jajanan Jepan yang tidak tersedia dibengkulu sehingga perlu memesan lewat online. Kursus Kuliner Kreasi Jajanan Jepang di tutup oleh Project Officer Ansoruna Business School, Alim Andi Siddik. Beliau menekankan bahwa kegiatan ini harus ada follow up bagi PC Ansor di Prov. Bengkulu minimal peserta utusan PC minimal membuka usaha kuliner dipesantren wilayah masing-masing peserta. Ansoruna Business School PP GP Ansor akan terus terlibat dalam memberikan bantuan kepada peserta untuk pengembangan bisnis kuliner Jepang yang telah berjalan dan berharap bengkulu adalah salah satu pilot projet PP GP Ansor dalam mencetak kader ansor banser dalam berwirausaha di sektor kuliner.

.

Postingan Terkait

.

Komentar

Detail Post

Tanggal Publish

11 September 2019 11:15WIB

Kategori

News