Jokowi Resmikan Bandara Wiriadinata Taksimalaya

TASIKMALAYA. Presiden Joko Widodo, Rabu (27/2) petang, meresmikan Bandar Udara Wiriadinata, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Bandara itu telah rampung direvitalisasi, baik terminal penumpangnya, maupun landasan pacunya.

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti di terminal penumpang bandara tersebut oleh Presiden Jokowi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, bandara ini sedianya sudah beroperasi sejak pertengahan Juni 2017. Bandara ini melayani penerbangan dari maskapai penerbangan Wings Air jenis pesawat ATR dengan rute Tasikmalaya-Jakarta (Halim Perdanakusuma).

Setelah direvitalisasi, akan ada penambahan penerbangan dari Maskapai Garuda Indonesia dan Citilink. "Kami harapkan, Maret (2019) sudah ada tambahan flight lagi. Saya akan perintah lagi Garuda tambah satu (penerbangan). Karena keliatannya pasar menghendaki itu," ujar Jokowi.

Kemungkinan, rute penerbangan Jakarta-Tasikmalaya itu akan melewati Bandara Husein Sastranegara Bandung terlebih dahulu.

"Mungkin, sesuai usulan Pak Gubernur (Jawa Barat Ridwan Kamil), bisa saja ya yang satu lewat Bandung, Jakarta-Bandung-Tasikmalaya, yang satu langsung," ujar Jokowi.

Menteri Budi menambahkan, revitalisasi bandara ini membuka perekonomian di daerah itu dan sekitarnya. Apalagi, kata dia, Tasikmalaya mempunyai banyak potensi, salah satunya kerajinan bordir kulit yang sudah mendunia. (Fabian Januarius Kuwado)

 

Sumber: KONTAN

.

Postingan Terkait

.

Komentar

Detail Post

Tanggal Publish

28 February 2019 07:45WIB

Kategori

News