Ketum PBNU: Kurban Itu Perintah Allah Untuk Pemerataan

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, menyembelih hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha adalah perintah Allah dalam rangka pemerataan sosial. Peringatan setahun sekali ini juga bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada fakir-miskin.
 
"Kurban itu perintah Allah dalam rangka pemerataan," kata Kiai Said di halaman Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (21/8).
 
Perintah Allah satu ini, menurut alumnus Universitas Ummul Quro Makkah ini sejalan dengan sila ke-lima di dalam Pancasila ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’, yang menurutnya belum terwujud sepenuhnya.
 
"Sila ke lima ini yang paling masih jauh dari kita harapkan, sila yang paling masih jauh dari kenyataan," ucapnya.
 
Selain melalui kurban, kata Kiai Said, upaya pemerataan juga bisa dilakukan dalam bentuk zakat, infaq, dan sodaqah. Kesemuanya itu merupakan pelaksanaan dari sila ke lima. Oleh karena itu, umat Islam harus menyemarakannya agar keadilan sosial di Indonesia terwujud.
 
"(Harus) Ada kesungguhan dari kita semuanya untuk mengimplentasikan keadilan sosial untuk bangsa Indonesia," jelas Kiai kelahiran Kempek Cirebon, Jawa Barat itu.

 

Sumber: nu.or.id

.

Postingan Terkait

.

Komentar

Detail Post

Tanggal Publish

23 August 2018 11:00WIB

Kategori

News