Dana Desa Sudah Rp 187 Triliun, Jokowi Ingatkan Harus Tepat Sasaran

JAKARTA. Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan penggunaan dana desa harus tepat sasaran. Hal itu mengingat anggaran dana desa selama empat tahun ini telah mencapai Rp 187 triliun.

“Dalam sejarah anggaran di negara kita, Rp 187 triliun dalam empat tahun, itu besar sekali. Oleh sebab itu, penggunaannya harus tepat sasaran. Apa yang diperlukan desa itu, kerjakan dengan dana desa ini,” kata Presiden di Yogyakarta seperti dikutip dari situs Seskab, Rabu (25/7).

Sekadar tahu saja, Presiden berada di Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja (kunker). Untuk kunker kali ini, Presiden Jokowi hadir dalam acara peningkatan kapasitas pemerintahan desa lingkup regional Balai Pemerintahan Desa di Yogyakarta, Rabu pagi tadi.

Adapun menurut Presiden, pekerjaan yang perlu dilakukan di desa itu seperti irigasi dan jalanan. Pasalnya, kedua hal itu dinilai merupakan keperluan produktif yang ada di desa.

Kepala Negara juga menyampaikan agar setelah desa mendapatkan anggaran, pembelian barang-barang material itu tetap dibeli di desa atau sekitarnya dan jangan di kota. “Untuk apa? agar uang itu beredar di situ terus, perputaran uangnya ada di desa, perputarannya ada di lingkup Kecamatan. Jangan dilarikan ke kota lagi, ke kota nanti lari ke Jakarta uangnya, lari ke Jakarta lagi,” kata Jokowi.

Asal tahu saja, dana desa yang dikucurkan pemerintah pada 2015 sebesar Rp 20 triliun, lalu 2016 mengucur lagi Rp 47 triliun, serta pada 2017 dan 2018 masing-masing sejumlah Rp 60 triliun.

Sumber: kontan.co.id

.

Postingan Terkait

.

Komentar

Detail Post

Tanggal Publish

25 July 2018 20:00WIB

Kategori

News